Pastikan Perayaan Paskah Berjalan Aman, Kapolres Kuningan : Lakukan Pengecekan Pengamanan Sejumlah Gereja

Ringsatu.id-Kuningan-Dalam rangka memberikan rasa aman kepada umat Kristiani yang melakukan ibadah Paskah (Jumat Agung), Polres Kuningan bersama Dandim 0615 Kuningan, Satpol PP Kab Kuningan dan Ormas terkait melakukan pengecekan pengamanan di sejumlah gereja di kawasan Kuningan, Jumat (02/03/21).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si didampingi Wakapolres Kuningan Kompol Jaka Mulyana, S.I.K., M.I.K. Beberapa lokasi gereja yang dilakukan pemeriksaan pengamanan tersebut diantaranya: Gereja Kristen Indonesia, Jl Siliwangi, Kuningan, Gereja Pantekosta di Indonesia Efferat, Jl Pasar Kepuh, Kuningan, Gereja Bethel Indonesia, Jl Ahmad Yani, Cigugur, Kuningan, Gereja Kristen Pasundan, Cigugur, Kuningan dan Gereja Khatolik Kristus Raja, Cigugur, Kuningan.

Kapolres menekankan kepada setiap anggota pengamanan agar senantiasa menjaga penampilan dan sikap sebagai anggota Polri yang selalu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Selain itu Kapolres juga memerintahkan agar anggota Polri yang melakukan pengamanan, “1 jam sebelum pelaksanaan ibadah dimulai melakukan pemeriksaan atau sterilisasi terhadap setiap sudut obyek pengamanan untuk selanjutnya dilakukan penjagaan dengan sungguh-sungguh dan selalu waspada serta merespon terhadap hal-hal yang dianggap mencurigakan serta melaporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan atau komando”, tuturnya.

Baca Juga
1 of 5

“Pengecekan pengamanan yang dilakukan ini bermaksud untuk memastikan bahwa anggota yang melakukan tugas pengamanan di gereja agar selalu waspada dan tanggap sesuai dengan SOP pengamanan, sehingga masyarakat yang melaksanakan ibadah perayaan Paskah akan merasa aman dan nyaman, dan situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Kuningan tetap dalam keadaan kondusif”, lanjutnya.

Lebih lanjut Kapolres juga memerintahkan agar setiap anggota melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap jemaat dan menerapkan aturan akses keluar masuk di setiap gereja menjadi satu pintu, sehingga memudahkan pengecekan dan pemeriksaan terhadap setiap Jemaat yang datang.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga menghimbau kepada semua jemaat yang hadir “agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat serta peka terhadap orang-orang yang tidak dikenal”, pungkasnya.

Kegiatan pengecekan pengamanan di sejumlah gereja oleh Polres Kuningan selain sudah dimulai pada Kamis Malam (01/03/21) juga akan dilakukan hingga hari Minggu (04/03/21) mendatang dengan tetap bersinergi dengan unsur terkait seperti TNI, Satpol PP Kab. Kuningan, Dishub Kab. Kuningan, Ormas Pemuda Batak Kuningan dan Ormas Pejuang Siliwangi. (Nurhari)

Leave A Reply

Your email address will not be published.