Kunjungi Posko Pengungsian, Ini Harapan Kapolda Jabar

Ringsatu.id-Indramayu-Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., didampingi Danrem 063 / SGJ Kolonel Inf. Elkines Villando Dewangg, Bupati Indramayu Nina Agustina Da’I Bachtiar, S.H., M.H., Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang, S.I.K., M.H., Danyon Brimob Polda Jabar Den C AKBP Muhammad Andri, S.Si., melakukan kunjungan ke lokasi Pengungsian terdampak kebakaran Pertamina RU VI Balongan, bertempat di Pendopo Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/03/2021).

Kegiatan pengecekan pengungsi yang dilakukan oleh Kapolda Jawa Barat bertujuan untuk memberi rasa aman dan trauma healing kepada masyarakat yang terdampak kebakaran pertamina RU VI Balongan Kabupaten Indramayu.

Selain itu, Kapolda Jawa Barat juga menghimbau kepada para pengungsi agar tetap tenang mengahadapi situasi saat ini karena pihak Pemerintah dan TNI – Polri serta unsur terkait sudah melakukan upaya penanganan terhadap korban dan memberikan fasilitas kepada para pengungsi.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri menyampaikan, bahwa tadi kita sudah meninjau lokasi kebakaran, kita sudah mendapatkan penjelasan secara utuh dari pihak pertamina terkait dengan kebakaran itu sendiri yang ada di tangki kilang minyak Pertamina balongan, tuturnya.

“Menurut informasi awal penyebab terjadinya kebakaran itu sendiri adanya petir yang cukup besar menyambar area tangka,” tambah Ahmad Dofiri.

Baca Juga
1 of 60

Dikatakannya, untuk saat ini kobaraan apinya sudah mulai berkurang. Mudah-mudahan Langkah-langkah yang dilakukan pihak pertamina salah satunya dengan Isolasi tidak menjalar ke area tangka-tangki lainnya.

Ia juga menyampaikan, pihak pertamina Balongan sudah berkoordinasi dengan pertamina Cilacap kemudian dari Pertamina Jakarta, mudah-mudahan siang ini pada saatnya nanti kondisi dilapangan sudah memungkinkan untuk dilakukan pemadaman.

“Kita menunggu, apabila apinya sudah meredup, kemungkinan juga akan segera mudah untuk dilakukan pemadaman,” katanya.

Lanjut Ahmad Dofiri, untuk para pengungsi tidak perlu merasa khawatir meninggalkan rumahnya, kita sudah berkoordinasi dengan Kapolres Pihak Kepolisian akan mengamankan lokasi yang ditinggalkan oleh para warga tadi.
“Intinya kita berikan jaminan kepada para pengungsi untuk sementara waktu agar tetap tenang, bupati sudah menyiapkan tempat penampungan dan akan mengurusi para pengungsi,” terangnya.

Kapolda juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, kalau situasinya sudah memungkinkan atau sudah aman masyarakat sudah bisa mulai kembali kerumahnya masing-masing, tutup Ahmad Dofiri. (Ari’e)

Leave A Reply

Your email address will not be published.