Maraknya Pembobolan Akun Sosmed, Begini Cara dan Tips agar Akunya Aman

 

Ringsatu.id-Banyak terjadi pencurian kasus pembobolan akun sosial media yang terjadi, pengambilan akun oleh oknum tidak bertanggungjawab bisa merugikan dan membahayakan pemilik akun.

Yang bisa mengakibatakan kita kehilangan akses terhadap akun dan kemudian akun tersebut banyak dimanfaatkan untuk melakukan hal yang tidak seauai pemilik akun resmi. (25/02)

Dengan banyaknya kejadian pembobolan akun beberapa solusi untuk mengamankan akun agar tidak mudah dijebol oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Berikut Tips Dan Trik Keamanan :

1. Jangan Pernah Memberikan Kode OTP, yang diterima kepada pihak mana pun dan mengatasnamakan siapa pun.

2. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah
Selain menggunkaan kata sandi yang unik, ada baiknya kamu meningkatkan akun Gmil dengan menyalakan verifikasi 2 langkah.

Baca Juga
1 of 2

Dengan cara ini pembobol pembobol memerlukan enam digit angka acak yang dikirimkan keaplikasi autentifikasi

Untuk mengatifkan fitur ini kamu bisa mengaksesnya via laman keamanan akun google, dan klik 2-step verification kemudian pilih bagaimana angka acak tersebut muncul diperangkat.

3. Gunakan Password Yang Unik
Sebagian besar kata sandi yang digunakan oleh orang-orang biasa mudah dibobol. Ini berarti kata sandi yang digunakan lebih rentan dari pada yang kamu kira.

Oleh karena itu ada baiknya kamu menggunkan kata sandi dengan kombinasi kalimat dan angka yang unik antara, angka, simbol dan huruf.

4. Periksa Riwayat Aktifitas Akun
Ada kemungkinan pembobol mampu mengakses akun gmail tanpa sepengetahuan pemilik, jika kamu memeriksa riwayat sesi ini sesekali dalam perminggu atau lebih kamu dapat mengawasi aktifitas yang berpotensi mencurigakan.

Dengan langkah-langkah tersebut dan mengantisipasi kemungkinan yang terjadi atas pembobolan akun sosial media anda semoga bermanfaat dan selalu waspada.

Penulis : Rudiantoro

Leave A Reply

Your email address will not be published.