Ads Samping
Ads Samping
ADS Bernda 940×160

LBH Jala Natha : Pertamina RU VI Harus Bertanggung Jawab Terkait Ledakan Kilang Minyak

ADS Bernda 940×160

Ringsatu.id-Indramayu-Turut berduka cita atas peristiwa meledaknya kilang minyak balongan Indramayu tepatnya di wilayah kerja fasilitas Oil and Gas Transportation (OGT) Pertamina EP Asset 3 yang berlokasi di Desa Balongan Kec. Balongan Kab. Indramayu pada hari Senin 29 Maret 2021 pukul 00.24 dini hari. Kejadian tersebut mengakibatkan kerugian yang berdampak pada beberapa desa di kecamatan Balongan yang terdiri dari Desa Balongan, Desa Tegalurung, Desa Sukaurip, dan Desa Kesambi dengan jenis kerugian berupa kerusakan rumah serta korban luka.

Atas peristiwa tersebut Jumlah korban sementara yaitu 21 orang mengalami luka ringan dan 6 orang mengalami luka berat. Para koban terdiri atas karyawan Pertamina itu sendiri serta pengendara jalan yang sedang melintas jalan raya sekitar kejadian.

Para korban langsung dibawa ke rumah sakit Bumi Patra serta 6 orang luka berat dibawa ke RSUD Indramayu, lalu kemudian di rujuk menuju RS Pertamina Jakarta pada hari Senin (29/03/2021).

Baca Juga
1 of 45
ADS Bernda 940×160

Korban yang rumahnya terdampak langsung diungsikan di dua lokasi, yakni 220 orang mengungsi di Gor Bumi Patra dan 300 orang mengungsi di Pendopo Kab. Indramayu

Menjadi pertanyaan besar bagi kami (LBH Jala Natha) karena peristiwa ini meledak begitu saja, sebelumnya tidak ada himbauan, tidak ada peringatan kepada warga sekitar atau kepada lembaga keamanan terkait. Sampai warga sekitar tidak sempat dievakuasi, sehingga banyak korban dalam peristiwa ini. Apa faktor yang menjadi penyebab meledaknya itu ? apakah sebelumnya pihak pertamina tidak memperkirakan ? kalaupun sudah, apa ada pemberitahuan ke masarakat setempat?

Dari fenomena yang terjadi, nampaknya pihak pertamina lalai dan sangat mengabaikan soal kemanusiaan, karena cenderung membiarkan tanpa adanya pemberitahuan.

Oleh karena itu kami LBH Jala Natha (Konsentrasi Lingkungan Hidup) Menuntut secara tegas kepada pertamina RU VI untuk bertanggung jawab penuh kepada korban yang terdampak ledakan tersebut, kepada Kapolres Indramayu untuk segera menindak lanjuti kejadian tersebut dan mohon hasilnya harap di publikasi, Dan kami LBH Jala Natha membuka posko Layanan aduan bagi masyarakat yang terdampak atas peristiwa tersebut. Pungkas Ketua LBH Jala Natha. (Red/Rls)

ADS Bernda 940×160
Banner 728
ADS Bernda 940×160
Leave A Reply

Your email address will not be published.