Bupati Nina Agustina : Kesenian Tari Topeng Harus Tetap Dilestarikan

 

Ringsatu.id-Indramayu-Bupati Indramayu, Nina Agustina, SH, MH, sangat tertarik dengan ragam kesenian daerah yang memiliki potensi besar di Kabupaten Indramayu salah satunya adalah tari topeng. Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu terhadap eksistensi seni itu, ia menyempatkan diri mengunjungi Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah, Jalan Pendawa, Desa Pekandangan, Kecamatan/ Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (04/03/2021).

Seperti diketahui, ragam jenis Tari Topeng warisan seni pendahulu sangat banyak di Indonesia, bahkan jenis Tari Topeng Indramayu yang masih dilestarikan ditengah – tengah masyarakat saat ini lebih dikenal dengan nama Tari Topeng Cirebon. Padahal sosok yang menjaga, merawat dan membesarkan nama Tari Topeng di wilayah Cirebon bahkan mendapat penghargaan sebagai penari dan pelestari Topeng Indramayu, lewat momentum Lifetime Achievement dalam Festival Topeng Nusantara 2010 diterima oleh mendiang Sang Maestro Mimi Rasinah.

“Tari Topeng Sanggar Mimi Rasinah merupakan kesenian asli Indramayu dan potensi kebanggaan Indramayu, maka kita harus bisa melestarikannya,” kata Bupati Nina disela – sela kunjungan.

Ia mengaku, menghadapi kondisi Pandemi Covid – 19 ini, pihaknya akan mencari formulasi dan regulasi bagaimana para pelaku seni di Kabupaten Indramayu yang jumlahnya sangat banyak ini, agar tetap bisa manggung guna memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Baca Juga
1 of 65

“Kami memahami bagaimana para pelaku seni ini, agar masih tetap bisa tampil, seperti dengan pembatasan personil, nanti dibicarakan dengan Dinas Kesehatan, Jajaran Kepolisian dan unsur terkait untuk membicarakan bagaimana sih pembatasan – pembatasan tersebut,” tuturnya.

Sebagai bentuk komitmen kecintaan Pemkab Indramayu kepada Tari Topeng, pihaknya akan membicarakan lebih lanjut dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Budpar agar Seni Tari Topeng tersebut masuk dalam muatan lokal di tingkat Sekolah Dasar.

“Insyallah nanti pak kadis Budpar dan Pendidikan kita mengkaji agar bisa masuk mulok tingkat SD di Indramayu, karena kesenian asli dari Indramyau jangan sampai kalah dengan daerah lain,” tuturnya.

Nina meminta doa dan dukungan dari pelaku seni dan seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu agar dapat membawa Visi Indramayu Bermartabat ini dapat terwujud dengan baik dan kedepan masyarakat akan sejahtera.

“Terimakasih kepada pengelola Sangar Mimi Rasinah semoga sukses dan bisa memajukan kesenian Indramayu dikancah nasional maupun internasional.” Pungkas Nina.

Hadir mendampingi Bupati Nina Agustina, Ketua TP PKK Kabupaten Indramayu, Setyowati Anggraini Ono Surono, Kadis Budpar Kabupaten Indramayu H. Carsim, S.Pd, M.Si, Camat Indramayu Drs. Asep Kusdiyanti, M.Si., Kapolsek Indramayu AKP H. Suhendi, SH, MH, Danramil Indramayu dan Ketua Yayasan Sangar Tari Topeng Mimi Rasinah Edi Topeng.

Leave A Reply

Your email address will not be published.